Penyuluhan Dalam Rangka Meningkatkan Keberhasilan Usaha Melalui Perubahan Pola Pikir di Desa Srigading Kecamatan Ngoro Mojokerto Tahun 2018
Dr. H. Chamdan Purnama, S.E., M.M.
Kategori : Abdimas
Perubahan Organisasi Di Jaman Globalisasi Ekonomi
Organisasi adalah kumpulan orang yang memiliki kompetensi yang berbeda-beda, yang saling tergantung dengan yang lainnya yang berusaha untuk mewujudkan kepentingan/tujuan bersama, dengan memanfaatkan sumberdaya.
Organisasi kalau dilihat dari tujuannya ada 2 yaitu; sosial dan profit.
Organisasi harus mampu menciptakan kekayaan, untuk mensejahterakan masyarakat.
3 kegiatan untuk menjadikan organisasi sebagai institusi pencipta kekayaan:
Mendesain produk (barang atau jasa) yang pas dengan kebutuhan
Memproduksi produk (barang atau jasa) secara cost effective
Memasarkan produk (barang atau jasa) tersebut secara efektif
Jaman sekarang adalah jaman global, diantaranya:
Globalisasi ekonami dan
Teknologi informasi.
Jaman global akan menciptakan 2 kemungkinan:
Sebagai Peluang dan
Sebagai Ancaman
Proses Globalisasi Ekonomi ditandai dengan 4 proses:
Mobilitas, di masa lalu hanya modal yang lancar mengalir. Tp skrng angkatan kerja & ide.
Keserentakan. Perkembangan telekomunikasi dan transportasi memungkinkan setiap perubahan.
Pencarian jalan bebas hambatan. Mewarnai usaha bisnis, setiap hambatan dikarenakan monopoli & peraturan.
Pluralisme. Ditandai meningkatkan proses plural.
Globalisasi ekonomi berdampak terhadap 3 C
Customer, memegang kendali terjadi pergeseran kekuasaan dalam pasar. Dulu produsen menentukan sekarang kosumen.
Competition, semakin tajam. Tidak hanya menambah pesaing, namun menyebabkan bervariasinya persaingan.
Change, perubahan menjadi berubah. Dulu yg konstan perubahn, sekarang perubahn telah berubah menjadi konstan.
Apa yang dibutuhkan Produsen di Jaman Sekarang
Perubahan jalan pikiran produsen ke logika Customer. Dalam jaman yang di dalamnya customer memegang kendali produsen harus mengubah jalan pikiran mereka ke logika customer, tapi hal ini tdk mudah karena orang memiliki kecenderungan menafsirkan hal-hal yang baru dengan menggunakan konsep lama
Produsen berpikir bahwa mereka membuat produk. Customer berpikir bahwa mereka membeli jasa
Produsen menginginkan untuk memaksimumkan kembalian atas sumber daya yang mereka miliki. Tapi customer berpikir semberdaya yang dimiliki produsen untukmemberikan manfaat bagi customer
Produsen Khwatir tentang kekeliruan yang terlihat. Customer meninggalkan produsen karena kekeliruan yang tidak terlihat.
Produsen berpikir bahwa teknologi mereka menciptakan produk. Customer berpikir bahwa kebutuhan merekalah yang menciptakan produk
Produsen mengorganisasi kegiatan untuk kenyamanan intern mereka. Customer menginginkan kenyamanan mereka yang diutamakan
Prinsip-prinsip manajemen jaman globalisasi ekonomi
Pusat tidak lagi berkuasa penuh
Semua organisasi akan menjadi organisasi global
Organisasi memfokuskan pada customer
Perlu adanya Pengembangan yang berkelanjutan untuk menghasilkan nilai bagi customer