Contribution Of Young Entrepreneurs In Building The Creative Economy Of Village Communities
Diposting pada 11 Feb 2025
Kategori: Penelitian
Entrepreneurmuda menjadi salah satu sosok penting dalam pembangunan ekonomi, khususnya pada tingkat desa diharapkandapat mendorong perkembanganekonomi kreatif. Sosok entrepreneurmuda akan lebih memberikan warna bagi perkembangan ekonom kreatif pada suatu desa. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kontribusi entrepreneurmuda dalam mendorong perkembangan ekonomi kreatif di desaLatuka, dengan tujuan khusus mengkaji faktor-faktor yang mempengaruhinya. Metode penelitian ini kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara tidak terstruktur.Informan terdiri dari 34 entrepreneur muda yang rerata rentang usia 17-30 tahun. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa entrepreneurmuda memberikan dampak pada perkembangan ekonomi kreatif. Terdapat sedikitnya 4 faktor yang bersinggungan dalam perkembangan ekonomi kreatif bagi entrepreneurmuda yaitu faktor lingkungan, faktor sosio ekonomi, faktor pengambilan risikodan faktor sosial media. Kontribusipenelitian ini dapat memperkuatkonseppengembangan ekonomi kreatif khususnya pada kalangan muda, serta menjadikan salah satu perhatian bagi para stakeholder untuk lebih memberikan perhatian pada entrepreneurmuda di desa-desa.